LES PRIVAT SURABAYA

Home » SERBA-SERBI » LAJU REAKSI

LAJU REAKSI

Laju reaksi, bahasan yang menarik, setidaknya menurut gurunya. Lama tidak mengajar materi ini, kini saya sangat menikmati dengan improvisasi analogi-analogi yang sering membuat siswa antusias, gerrr terhibur (kelihatannya sih :) ). Di tingkat SMA bahasan ini tidak begitu rumit untuk dipahami, tapi mengapa dahulu banyak yang mengira ini adalah bahasan sulit?

Menganalisis data hasil eksperimen (kalau melakukan lebih baik tentunya) adalah hal yang tidak sulit, paling kalau menjumpai soal diminta menentukan orde reaksi, persamaan laju rekasi, dan sekitarnya. Clue-nya hanyalah mengamati mana reaksi yang tidak mengalami perubahan konsentrasi ketika akan menentukan orde reaksi zat lainnya dan membandingkannya terhadap data waktu, atau lajunya.

Selain itu dalam memahami grafik laju reaksi juga sering jadi persoalan tersendiri bagi kebanyakan siswa. Padahal grafiknya cukup simpel hanya ada data perubahan konsentrasi yang di plot terhadap waktu. Memang memahami grafik perlu ditunjukkan bagaimana sampai grafik itu diperoleh, tidak cukup hanya dimunculkan grafik kemudian siswa diminta mengkhayalkannya. Manfaatkan simulasi saja yang banyak bertebaran di internet.

Berikut link ( http://www.chm.davidson.edu/vce/) adalah salah satu sumber belajar yang menjadikan alternatif kalau kita gak punya lab. Secara online kita bisa menggunakan VCE, tapi jangan kuatir kita diberikan alternatif untuk bisa memanfaatkan secara offline dengan mengunduh satu persatu bagian yang kita perlukan. Tautannya ada di http://www.chm.davidson.edu/vce/faq.html#Local, tapi ingat browser yang kita gunakan harus terpasang JRE (Java Runtime Enviroment). Materi tentang kinetika (laju reaksi juga ada tuh)

Membahas soal laju reaksi dengan berbagai analogi dan ilustrasi membuat siswa semakin mudah memahami konsep. Meskipun mungkin analogi yang ada agak maksa :) . Siswa bisa dianalogikan sebagai zat pereaksi, ruang kelas dianalogikan wadah pereaksi. Begitu seterusnya. Kenaikan suhu itu akan mempercepat laju reaksi, karena kenaikan suhu akan memperbesar energi kinetik molekul pereaksi. Analogi yg “sadis” siswa dimasukkan dalam ruang kelas tertutup yang bahannya dari logam, kemudian dipanasi. Pasti semua akan loncat-locat untuk menghindari panas itu, gerakan meloncat sana sini kan ilustrasi energi kinetik :) maksa.com

Kenaikan 10 derajat celsius menyebabkan reaksi berjalan lebih cepat, 2 lipat atau lebih malahan kecepatannya. Kalau lebih cepat berarti reaksi itu berjalan hanya perlu waktu lebih singkat. Itu pernyataan di buku-buku teks kimia sma. Tentu saja masih perlu tambahan data, tipe reaksinya itu eksoterm atau endoterm. Siswa kadang terjebak dalam pernyataan berlangsung 2 kali lebih cepat setelah penaikan 10 derajat celisius itu.

Analogi soal peran katalis adalah makcomblang… tapi ini hanya sekedar mengantarkan sampai reaksi terjadi dimana saat reaksi berakhir ia harus keluar dari zona reaksi. Fungsi katalis adalah menurunkan energi aktivasi. Energi aktivasi analog dengan rasa ketidakpercayaan diri pada seseorang (pereaksi). Dengan katalis (makcomblang) maka ia bisa membantu mengurangi penghalang (rasa gak pede itu). Lagi-lagi maksa dot com :)

Apakah pengaruh penaikan suhu terhadap laju reaksi? Apakah selalu meningkatkan laju rekasi? Oooo Silahkan cek referensinya dari google :) )

Media pelarut jelas turut mempengaruhi laju reaksi, tapi hal ini jarang dibahas dalam faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi suatu zat. Ini saya kutib dari chemistry.about.com.
The rate of a chemical reaction depends on the medium in which the reaction occurs. It may make a difference whether a medium is aqueous or organic; polar or nonpolar; or liquid, solid, or gaseous.

– See more at: http://analogy-university.com/index.php/artikel/artikel-berdasarkan-kategori/16-ilmu/228-laju-reaksi-beberapa-analogi-dan-referensinya#sthash.W2XfNMLI.dpuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: